Program Studi Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta mempunyai dua konsentrasi yaitu Telekomunikasi dan Avionik. Sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 3037/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017, Program Studi Teknik Elektro ini telah mempunyai Akreditasi B (sertifikat akreditasi dapat diunduh disini).
Program Studi Teknik Elektro STTA mempunyai dua konsentrasi, yaitu: Konsentrasi Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Konsentrasi Elektronika Telekomunikasi.

Konsentrasi Elektronika Penerbangan (Avionik)

Konsentrasi Elektronika Penerbangan atau Avionik (Avionics) di prodi Teknik Elektro STTA mempelajari sistem elektronika yang digunakan dalam pesawat terbang, satelit dan pesawat angkasa. Avionik meliputi navigasi (navigation), komunikasi (communication), monitoring sistem terbang dan mesin, sistem kendali terbang (aircraft flight control systems), sistem penghindar tabrakan (collision-avoidance systems), sistem radar cuaca (weather radar), sistem manajemen terbang (flight management systems), dan sistem hiburan dalam-pesawat (in-flight entertainment system).
Lulusan dari konsentrasi ini memiliki kompetensi untuk bekerja di: maskapai penerbangan, industri pesawat terbang, pengendali lalu-lintas pesawat (ATC) dan industri perawatan pesawat terbang (aircraft maintenance) hingga ke badan/instansi pemerintah.

Konsentrasi Elektronika Telekomunikasi

Di konsentrasi Elektronika Telekomunikasi prodi Teknik Elektro STTA ini para mahasiswa mempelajari berbagai konsep telekomunikasi yang meliputi: komunikasi teresterial, komunikasi satelit, komunikasi bergerak (mobile communication), dan komunikasi selular (cellular communication).
Lulusan dari konsentrasi ini memiliki kompetensi bekerja di: perusahaan pembuatan instrumen elektronika dan instrumentasi telekomunikasi, operator telekomunikasi, badan/instansi pemerintah, bahkan ke berbagai perusahaan yang menggunakan sistem kelistrikan dan elektronika.

Kurikulum 2013/2014
Prodi Teknik Elektro STT Adisutjipto menggunakan kurikulum 2013/2014. Pada kurikulum penguasaan materi mahasiswa atas materi Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Elektronika Telekomunikasi lebih ditekankan. Alur mata kuliah pada kurikulum ini juga mangalami perubahan dari kurikulum sebelumnya. Target diberlakukannya ini adalah: materi Elektronika Penerbangan dan Elektronika Telekomunikasi dapat lebih mudah dan cepat diserap, mahasaiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dalam 8 (delapan semester), dan lebih banyak materi mata kuliah yang digunakan di dunia kerja.

Kerjasama
Program studi Teknik Elektro telah bekerja sama dengan banyak perusahaan nasional terutama dalam penyelenggaraan Study Exursie, Kerja Praktek, Tugas Akhir, dan penelitian. Beberapa perusahaan tersebut di antaranya: PT. Dirgantara Indonesia, TNI AU, Bandara Adisutjipto, Bandara Halim Perdanakusuma, Angkasa Pura, GMF AeroAsia, dan perusahaan pembuatan instrumen elektronika dan instrumentasi lain.

1 komentar:

  1. Article writing is also a excitement, if you know after that you can write if not it is complicated to write. You can visit my website :
    Jendela Kamar Mandi
    Jendela Geser Aluminium
    Pintu Geser Aluminium

    BalasHapus

| Designed by Colorlib